Total Pageviews

Thursday, January 25, 2018

Usaha Mikro



TUGAS
PENGANTAR EKONOMI I

Disusun Oleh :
v Yunianus
v Iwan Papua Nugroho
v Putri Kusuma Dewi
v Olivia  Jesica Gantaheng
v Yuni Justika Evelina Way
v Muhammad Nazrul
v Rini Afriani Saragih
v Rio
v Melanesia Sanady
v Sharon K Mailoa
v Efran
V Ira Penggu
Tahun 2017/2018

Usaha Mikro
      Narasumber                
 Ibu Jayanti , seorang penjual ayam di pasar Yotefa

I.     Latar Belakang
Pada awalnya beliau berfikir, bagaimana saya bisa mendapatkan uang yang bisa membantu keuangan dalam rumah tangga saya. Setelah beberapa hari, akhirnya  beliau bisa mendapakan ide yang luar biasa. Ide tersebut yaitu Bagaimana jika saya membuka usaha yaitu  menjual ayam di pasar.
Sebelum saya membuka usaha, saya meminta izin dulu kepada suami saya. Alhamdulillah beliau mendukung  penuh ide saya ini, saya membuka usaha dari tahun 2006 alhamdulilah bisa lancar hingga sekang sekarang ini.
Pada awal  pembukaan usaha saya ini, banyak tantangan yang saya alami. Tantangan tersebut ialah :
ü  Dagangan saya tidak sama sekali di beli oleh produsen (pembeli)
ü  Banyak penjual yang tidak suka, jika saya membuka usaha ini di pasar, alasan mereka karena mereka takut dagangan mereka tidak laku.
Namun, saya berusaha untuk menghadapi tantangan - tantangan tersebut, karena saya yakin Tuhan pasti akan memberikan  jalan yg terbaik, jika kita selalu berusaha dalam menghadapi kesuliatan.
Modal awal yang menopang usaha ini dari uang saya sendiri

II.     Teori Pendukung
Daging ayam merupakan daging yang sangat di gemari setiap konsumen rumah tangga, selagi harganya yang terjangkau dan rasanya pun enak setelah di olah (di goreng / di bakar).
Pasar adalah tempat yang strategis untuk memuka usaha ini, karena pasar tempatnya konsumen rumah tangga untuk membeli sesuatu dengan tujuan  memenuhi kebutuhan hidupnya.

III.     Gambaran Umum
Perusahaan Kharisma Jaya merupakan perusahaan yang menyediakan dan menyetorkan ayam  bagi para pedagang ayam di pasar yotefa. Perusahaan ini berperan penting di bagian penyediaan ayam dan menjanjikan kepada pedagang, kerjasama yang saling menguntungkan.
Begitu pula dengan seorang pedangang ayam yang  bernama Ibu jayanti, beliau bekerja sama dengan Peruhaan ayam  tersebut, agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar dan usaha Ibu jayanti tetap bisa berperan penting terhadap paasar tradisional.
Usaha Ibu jayanti, sudah berdiri dari tahun 2012 sampai saat ini. Metode penjualan tersebut, beliau berjualan pada pagi sampai dengan sore hari.
Dengan usaha yang telah dijalankan selama ini, mengalami naik turunnya keuntungan dan persaingan yang terjadi di pasar, telah membuktikan bawah Ibu jayanti bisa bersaing dengan wirausaha lainnya.

IV.     Keuntungan Yang Di Peroleh
Keuntungan yang diperoleh dari penjualan daging ayam tersebut :
Ø  Penghasilan dari penjualan tersebut sebesar 4-5 juta perbulan.
Ø  Keuntungan penjualan ayam tersebut bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga.
Ø  Konsumen puas terhadap kualitas daging ayam tersebut.

V.     Tujuan
v Menumbuhkan rasa kerja sama antar perusahan dan pedagang.
v Bisa menyediakan kebutuhan bahan pangan bagi konsumen.
v Konsumen bisa memperoleh daging ayam dengan mudah.

VI.     Manfaat
*     Perusahan bisa bersaing dengan perusahan lainnya.
*     Memberikan pengalaman kepada pedagang.
*     Bisa memberikan dampak baik terhadap konsumen.

VII.     Faktor – Faktor Keberhasilan
o   Menjalin kerjasama yang baik antara perusahaan dengan pedagang
o   Pedagang mampu menyusun strategi penjualan
o   Konsumen Bisa megetahui perkembang pasar
VIII.     Lampiran Foto
§  Proses diskusi



§  Proses Pewawancara




§  Proses Penyusunan




No comments:

Post a Comment

CARA MEMBUAT KRIPIK SINGKONG ENAK DAN RENYAH

CARA MEMBUAT KRIPIK SINGKONG ENAK DAN RENYAH 1.     Alat alat: a.     Pemotong singkong b.     Kompor c.      Wajan d.     Serokan e...