TUGAS
PENGANTAR
EKONOMI I
Disusun
Oleh :
v Yunianus
v Iwan
Papua Nugroho
v Putri
Kusuma Dewi
v Olivia Jesica Gantaheng
v Yuni
Justika Evelina Way
v Muhammad
Nazrul
v Rini
Afriani Saragih
v Rio
v Melanesia
Sanady
v Sharon
K Mailoa
v Efran
V Ira
Penggu
Tahun
2017/2018
Usaha Mikro
Narasumber
Ibu
Jayanti , seorang penjual ayam di pasar Yotefa
I. Latar Belakang
Pada awalnya beliau
berfikir, bagaimana saya bisa mendapatkan uang yang bisa membantu keuangan
dalam rumah tangga saya. Setelah beberapa hari, akhirnya beliau bisa mendapakan ide yang luar biasa.
Ide tersebut yaitu Bagaimana jika saya membuka usaha yaitu menjual ayam di pasar.
Sebelum saya
membuka usaha, saya meminta izin dulu kepada suami saya. Alhamdulillah beliau
mendukung penuh ide saya ini, saya
membuka usaha dari tahun 2006 alhamdulilah bisa lancar hingga sekang sekarang
ini.
Pada awal pembukaan usaha saya ini, banyak tantangan
yang saya alami. Tantangan tersebut ialah :
ü Dagangan
saya tidak sama sekali di beli oleh produsen (pembeli)
ü Banyak
penjual yang tidak suka, jika saya membuka usaha ini di pasar, alasan mereka
karena mereka takut dagangan mereka tidak laku.
Namun, saya
berusaha untuk menghadapi tantangan - tantangan tersebut, karena saya yakin
Tuhan pasti akan memberikan jalan yg
terbaik, jika kita selalu berusaha dalam menghadapi kesuliatan.
Modal awal yang
menopang usaha ini dari uang saya sendiri
II. Teori Pendukung
Daging ayam
merupakan daging yang sangat di gemari setiap konsumen rumah tangga, selagi
harganya yang terjangkau dan rasanya pun enak setelah di olah (di goreng / di
bakar).
Pasar adalah
tempat yang strategis untuk memuka usaha ini, karena pasar tempatnya konsumen
rumah tangga untuk membeli sesuatu dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidupnya.
III. Gambaran Umum
Perusahaan
Kharisma Jaya merupakan perusahaan yang menyediakan dan menyetorkan ayam bagi para pedagang ayam di pasar yotefa.
Perusahaan ini berperan penting di bagian penyediaan ayam dan menjanjikan
kepada pedagang, kerjasama yang saling menguntungkan.
Begitu pula
dengan seorang pedangang ayam yang
bernama Ibu jayanti, beliau bekerja sama dengan Peruhaan ayam tersebut, agar bisnis tersebut bisa berjalan
dengan lancar dan usaha Ibu jayanti tetap bisa berperan penting terhadap paasar
tradisional.
Usaha Ibu
jayanti, sudah berdiri dari tahun 2012 sampai saat ini. Metode penjualan
tersebut, beliau berjualan pada pagi sampai dengan sore hari.
Dengan usaha
yang telah dijalankan selama ini, mengalami naik turunnya keuntungan dan
persaingan yang terjadi di pasar, telah membuktikan bawah Ibu jayanti bisa
bersaing dengan wirausaha lainnya.
IV. Keuntungan Yang Di Peroleh
Keuntungan yang diperoleh dari penjualan
daging ayam tersebut :
Ø Penghasilan
dari penjualan tersebut sebesar 4-5 juta perbulan.
Ø Keuntungan
penjualan ayam tersebut bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga.
Ø Konsumen
puas terhadap kualitas daging ayam tersebut.
V. Tujuan
v Menumbuhkan
rasa kerja sama antar perusahan dan pedagang.
v Bisa
menyediakan kebutuhan bahan pangan bagi konsumen.
v Konsumen
bisa memperoleh daging ayam dengan mudah.
VI. Manfaat
Perusahan
bisa bersaing dengan perusahan lainnya.
Memberikan
pengalaman kepada pedagang.
Bisa
memberikan dampak baik terhadap konsumen.
VII. Faktor – Faktor Keberhasilan
o
Menjalin kerjasama yang baik antara
perusahaan dengan pedagang
o
Pedagang mampu menyusun strategi
penjualan
o
Konsumen Bisa megetahui perkembang pasar
VIII. Lampiran Foto
§ Proses diskusi
§ Proses Pewawancara
§ Proses Penyusunan
No comments:
Post a Comment